Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 09 Juli 2010

Tepi Jalan Berhias Taman Obat

DULU Kelurahan Bulurokeng diasosiasikan sebagai kawasan kumuh. Namun, kesan kumuh tersebut dengan sendirinya tertepis jika menyaksikan kondisinya saat ini. Lingkungan sudah bersih ditambah penghijauan yang relati yang sudah merata di Rukun Warga (RW) IV.

RW IV merupakan wilayah yang dijagokan dalam Makassar Green and Clean (MGC) 2010. Di RW ini terdapat empat rukun tetangga, yaitu RT 01, 02, 03, dan 04. RW ini berhasil lolos dalam 100 besar RW terbaik MGC 2010. Dengan demikian, karena hanya terdiri atas empat RT, maka seluruhnya harus masuk even MGC 2010.

Persayaratan MGC 2010 memang mewajibkan setiap RW yang lolos 100 RW terbaik untuk menambah cakupan wilayahnya, yaitu dari dua RT menjadi empat RT. Dengan demikian karena hanya ada empat RT di RW IV, maka pembenahan harus dilakukan secara menyeluruh.

Dan kepercayaan itu dibuktikan oleh warga dengan menggiatkan kerja bakti, pembersihan, dan penghijauan, serta pengelolaan lingkungan secara terpadu. Walau berkonsep ala kampung tetapi semarak MGC 2010 tidak kalah dibandingkan dengan wilayah lain.

"Warga sudah sadar secara sukarela membersihkan dan melaksanakan penghijauan," terang fasilitator lingkungan RW IV, Jasmi, Kamis, 17 Juni.

Penghijauan terlihat sangat mencolok di RT 01 dan RT 02. Khususnya di Jalan Bontomanai I dan II, serta Jalan Bontomanai I Lorong I dan Lorong II. Jalanan di RW ini terbilang luas, antara empat hingga lima meter. Aneka pot yang ditanami berbagai jenis kembang terlihat berjejer di sisi kiri dan kanan setiap jalan.

Di beberapa titik jalan dan lorong, pot diletakkan secara bersusun sehingga terlihat tertata lebih indah. Pot-pot tersebut juga sudah dicat. Ada juga berbagai jenis kembang yang ditanam dalam wadah pot gantung. Pot-pot ini digantung di sisi tembok lorong dan jalan.

Setiap jalan juga sudah memiliki taman obat keluarga walau belum begitu subur. Berbagai tumbuhan obat ditanam di situ. Di antaranya, miana, sambiroto, kumis kucing, pecah beling, dan ginseng. ada juga tumbuhan bumbu dapur, seperti kunyit, lombok, kemangi, jeruk, dan serai.

Wilayah ini juga semakin hijau karena hampir setiap rumah memiliki pohon di depan rumahnya. Termasuk aneka pohon buah-buahan, seperti mangga, jeruk, srikaya, pisang, belimbing, nangka, asam, pepaya, dan jambu. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar