Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 09 Juli 2010

Lembo; Dulu Kumuh Kini Hijau

MAKASSAR--Kelurahan Lembo Kecamatan Tallo punya misi untuk menjadi yang terbaik dalam Makassar Green and Clean (MGC) 2010. Hal itu bisa dilihat dari komitmen warganya, khususnya rukun warga (RW) V, yang antusias melaksanakan pembenahan lingkungan. Di RW ini, penghijauan dalam bentuk penanaman ratusan jenis kembang bisa disaksikan. Sebarannya pun hampir menyeluruh di setiap rukun tetangga (RT).

Padahal, beberapa tahun sebelumnya, wilayah ini juga terkenal karena kekumuhannya. Tetapi karena kesadaran untuk berubah menjadi lebih bersih, wilayah yang dulu kumuh kini seolah-olah telah disulap. Tak ada lagi kesan kumuh jika lingkungan telah hijau dan bersih. apalagi setiap rumah warga memiliki taman-taman bunga. Atau setidaknya memiliki koleksi kembang di pekarangan rumah mereka yang ditanam di pot.

Kader lingkungan RW V Kelurahan Lembo, Nurhaeda, menjelaskan, warga di kelurahannya memiliki semangat kerjasama yang baik. Hal itu yang menjadikan proses mobilisasi warga dalam MGC 2010 tidak begitu sulit. Muncul kesadaran mengenai indahnya hidup dalam lingkungan yang bersih nan hijau. "Semua orang pasti senang jika wilayahnya indah," katanya, Senin, 21 Juni.

Faktor mobilisasi warga secara kolektif memang sering menjadi kendala tersendiri, utamanya untuk kegiatan pembenahan lingkungan. Semakin masif warga terlibat, program pembenahan akan semakin sukses. Karena dengan kebersamaan, semua rintangan yang sifatnya tidak subtantif, akan bisa diatasi.

Motivator MGC 2010, Andi Nurdianza, mengungkapkan, persatuan warga di RW V tidak kalah dibandingkan daerah lainnya. Hal itu bisa dilihat dari kerelaan mereka untuk saling membantu dalam menanam bunga. "Perlu terus dikembangkan," sarannya.

Demikian halnya yang diutarakan Lurah Lembo, H Samsul Badollahi. Menurutnya, sebelumnya ia tidak pernah menyangka warganya akan begitu antusias dalam MGC 2010 ini. "Padahal awalnya saya cuma main-main. Apakah boleh masyarakat di sini (RW V, red) diikutkan dalam MGC 2010 ini. Ternyata mereka cukup merespon," tuturnya.

Sebetulnya Samsul meproyeksikan RW lainnya sebagai delegasi dalam MGC 2010. Ada tiga RW alternatif yang dipersaipkan, termasuk di ataranya RW V. Tetapi karena kerjasama dan kebersamaan lebih memungkinkan di RW V lebih bagus, sehingga wilayah ini yang dipilih. Bukan cuma itu, kesadaran yang relatif menyeluruh menjadi salah satu poin pembenaran tersendiri teantang kelayakan ikut dalam even MGC 2010.

RW V terdiri atas lima RT, yaitu RT 01, RT 02, RT 03, RT 04, dan RT 05. Daerah paling maju pembenahannya terletak di RT 01 dan 02. Sedangkan RT lainnya adalah wilayah pendukung dalam MGC 2010. RT 01 dan 02 terletak di Jalan Pannampu II. Di jalan lorong RT 01 dan RT 02, penghijauannya begitu semarak. Hampir semua sisi lorong dihiasi dengan tanaman berbagai jenis bunga. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar