Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 09 Juli 2010

Manggala yang Asri dan Indah

OLEH RIDWAN MARZUKI

KELURAHAN Manggala Kecamatan Manggala bertekad menyabet juara Makassar Green and Clean (MGC) 2010. Hal itu ditegaskan oleh warga kelurahan ini saat Fajar bersama motivator MGC 2010, Yanuar Adhi S, Sabtu, 26 Juni.

Warga Manggala, khususnya di Rukun Warga (RW) III, memang punya alasan untuk itu. Mereka telah melaksanakan pembenahan lingkungan dengan melibatkan potensi yang mereka miliki. Penghijauan mereka galakkan serta kegiatan pembersihan diaktifkan. Tujuannya agar lingkungan terlihat semakin asri dan indah.

Fasilitator lingkungan RW III, Mistiyah Abbas mengatakan, khusus untuk even MGC 2010 ini, strukutur pengurusnya telah terbentuk. Dalam struktur tersebut, Mistiyah sendiri yang bertindak sebagai kordinator. Lalu ada divisi-divisi lainnya. Setiap divisi atau kelompok bertanggung jawab pada satu program yang telah ditentukan

Sebut saja di antaranya, divisi penataan lingkungan koordinatornya Safaruddin, divisi penyadaran lingkungan, Abd Radjab, divisi daur ulang sampah, A Masnaenah, dan divisi pemberdayaan ekonomi, A Tenriola Maradil. Mereka inilah yang mengorganisasi masyarakat dalam menjalankan program MGC 2010 ini.

Sebelum masuk even ini, warga RW III, khususnya sebagian ibu-ibu, awalnya sedikit sulit diajak berpartisipasi. "Perlu kesabaran karena tidak semua ibu-ibu langsung mau ikut bergabung. Apalagi di sini banyak pegawai negeri sipil. Tetapi setelah melihat hasilnya, mereka akhirnya mau bergabung dan ikut mendukung," terang Mistiyah.

Pembenahan lingkungan di RW III juga mendapat pujian dari Lurah Manggala yang baru, Bakri. Menurutnya pembenahan lingkungan warga sudah sangat bagus. Oleh karena itu, dibawah kepemimpinannya, ia berjanji akan bersama-sama dengan warga melanjutkan program MGC 2010.

Ini sesuai dengan harapan Plt Lurah Manggala sebelumnya, Darwati. Ia berharap di bawah kepemimpinan lurah baru, program kebersihan dan penghijauan bisa terus diaktifkan. "Mudah-mudahan lurah yang baru bisa melanjutkan semua program yang sudah jalan," harapnya.

Ketua RW III Kelurahan Manggala, Abbas Pabbe menargetkan wilayahnya menjadi juara dalam MGC 2010 ini. Hal itu, katanya, karena didukung oleh pengembangan wilayah yang telah dilaksanakan oleh warganya. "Target kami minimal masuk 10 besar RW terbaik. Tetapi kita berharap bisa menjadi juara MGC tahun ini," katanya.

Sumbangsih ibu-ibu tidak bisa dinapikan dalam pembenahan lingkungan di RW III. Mereka yang paling banyak berkontribusi, utamanya yang berkaitan dengan penghijauan dalam bentuk pengadaan berbagai jenis bunga-bunga di jalan-jalan lorong. Termasuk kegiatan pembersihan halaman rumah secara rutin, dilakukan oleh ibu-ibu. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar