Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 09 Juli 2010

Rela "Bermandikan" Cat

DI mana ada kemauan di situ ada jalan. Dengan semangat yang tinggi, warga RT 002 RW VI, Kelurahan Maricaya Baru, Kecamatan Makassar, melaksanakan pembenahan lingkungan. Bukan hanya kalangan laki-laki tetapi ibu-ibunya juga ikut berpartisipasi aktif. Bahkan terkesan, kaum ibu yang lebih proaktif menyambut Makassar Green and Clean (MGC) 2010.

Beberapa ibu rumah tangga bahkan tangannya masih terlihat dipenuhi cat. Padahal, biasanya, urusan pengecatan biasanya dikerjakan oleh laki-laki. Ibu-ibu ini merupakan para kader lingkungan RT 002 RW VI, Kelurahan Maricaya Baru.

Fasilitator lingkungan RW VI, Jahlelawati Sirait, mengakui jika dirinya memang ikut ambil bagian dalam pengecatan lingkungan, utamanya tembok-tembok lorong. Hal itulah yang menyebabkan hingga beberapa bagian tubuhnya masih tersisa bekas cat. Namun, ia mengaku cuma membantu remaja dan pemuda agar lebih bersemangat.

"Saya cuma memberi contoh supaya mereka lebih bersemangat. Pengecatan di sini dibantu oleh para pemuda, di antaranya dari Karang Taruna," imbuh Jahlelawati. Memang, hampir seluruh sisi lorong dalam Kompleks Asrama Jasdam telah dicat. Beberapa bagian sementara dicat.

Ketua RW VI Kelurahan Maricaya Baru, Makmur, menjelaskan, kesadaran pembenahan lingkungan warganya sudah cukup bagus. Warganya sangat merespon even MGC 2010. Warga RW VI, katanya, tidak terlalu repot diajak membersihkan lingkungan. Hal itu karena warganya sudah terbiasa, terutama dalam bekerja bakti.

Makmur juga memberi apresiasi kepada ibu-ibu kader lingkungan RW VI. Menurut dia, ibu-ibu yang paling progresif menyambut MGC 2010 ini. "Ibu-ibu malah bekerja sampai larut malam. Khususnya membuat kerajinan tangan dari barang bekas atau daur ulang," puji Makmur.

RT yang masuk andalan MGC RW VI adalah RT 001, 002, dan 003. Penghijauan sudah mulai terlihat oleh semaraknya bunga-bungaan yang ditanam di dalam pot di sepanjang lorong. (ridwan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar