Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 09 Juli 2010

BKPD Programkan Desa Mandiri Pangan

MAKASSAR--Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Sulsel mencanangkan program Desa Mandiri Pangan. Saat ini program tersebut sementara berjalan. Program ini sudah dimulai sejak 2006 lalu.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Sulsel, Muh Kasim Alwi, dalam sambutannya pada acara Apresiasi Pemberdayaan Bagi Pendamping Program Aksi Desa Mandiri Pangan, di Hotel Bumi Asih, Senin, 7 juni, menjelaskan, program desa mandiri pangan akan mengurangi tingkat kekurangan gizi masyarakat, khususnya wilayah pedesaan.

Kemandirian pangan, kata Kasim, memiliki dimensi yang sangat luas. Hal itu terkait dengan ketersediaan pangan, distribusi dan konsumsi, termasuk keanekaragaman dan kualitas pangan.

Sulsel, katanya, saat ini masih mengalami beberapa persolan pangan. Misalnya masalah gizi. Juga masyarakat masih tergantung pada bahan pokok beras. "Juga kualitas konsumsi pangan yang belum beragam dan berimbang," papar Kasim.

Dengan cara pendampingan kepada pedesaan, maka masyarakat desa akan mempunyai kemampuan untuk membangun kemampuan ketahanan pangan di tingkat keluarga. Program Aksi Desa Mandiri Pangan, ujung tombaknya ada pada pendamping. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar