Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 09 Juli 2010

Mahasiswa UIT Belajar Media di Fajar

MAKASSAR--Serombongan mahasiswa Fakultas Sospol, Jurusan Ilmu Komunikasi berkunjung ke redaksi Harian Fajar, Kamis, 3 Juni. Mereka dipimpin oleh dosen mereka, A Fauziah Astrid SSos MSi. Rombongan ini diterima oleh redaktur Fajar, Pachruddin Palapa didampingi oleh Yusuf Said

Fauziah menjelaskan, para mahasiswa yang didampingi tersebut merupakan peserta pada dua mata kuliah di Jurusan Ilmu Komunikasi, yaitu mata kuliah Penulisan Berita dan Komunikasi Media. Menurut Fauziah, dengan berkunjung langsung ke media, mereka bisa tahu lebih banyak. "Pelajaran yang diberikan di bangku kuliah tidak cukup," ujarnya.

Pachruddin Palapa dalam penjelasannya menerangkan, hasil survei, Fajar merupakan media terbesar di luar Pulau Jawa. "Jadi bisa sebanding dengan koran-koran nasional di Pulau Jawa," katanya

Sementara Yusuf Said menjelaskan proses peliputan, pengelolaan berita, hingga percetakan. Menurutnya, koran bisa sampai ke tangan pembaca itu setelah melalui berbagai proses terlebih dulu. Termasuk melewati tahap perencanaan terlebih dulu. "Berita yang akan kita muat untuk edisi esok hari, itu sudah kita rapatkan dan rencanakan sebelumnya," terangnya.

Yusuf juga menjelaskan jenis-jenis penulisan berita. Menurutnya, ada tiga macam teknik penulisan berita, yaitu stright news (berita langsung), feature, dan investigative news (berita investigasi). Hal itu menjawab pertanyaan salah seorang mahasiswa, Hasanuddin, yang menanyakan jenis penulisan berita. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar