Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 09 Juli 2010

Drainase Bersih dan Lancar

GELIAT kebersihan dan penataan lingkungan perlahan-lahan dilakukan oleh warga Kelurahan Melayu Kecamatan Wajo, khususnya di Rukun Warga (RW) IV. Warga di wilayah ini mulai sadar untu membenahi lingkungan, apalagi sejak ditetapkan sebagai salah satu wilayah yang masuk 100 besar RW terbaik Makassar Green and Clean (MGC) 2010.

Fasilitator lingkungan RW IV, Natsir Tayyeb, menjelaskan penataan lingkungan untuk menyambut MGC 2010 sudah dimulai sejak Maret dan April lalu. Warga bersama Plt Lurah Melayu menggelar rapat membahas program-program yang memungkinkan sesuai dengan kemampuan, karakter, dan kondisi wilayah RW IV. Termasuk membahas anggaran yang akan dipakai. Itu dilalukukan supaya seluruh program terencana berjalan lancar.

"Saya bersama warga di sini menggalang dana untuk membiayai program ini. Untuk cat, kita pakai cat genteng yang harganya Rp 280 ribu per kaleng. Kita sudah menghabiskan 20-an kaleng," ujar Natsir, Minggu, 20 Juni.

Jalanan yang dicat oleh warga RW IV adalah Jalan Diponegoro Lorong 227 A. Panjang lorong ini mencapai 200-an meter.

Warga rukun tetangga (RT) 03 dan RT 04 memang memperindah jalan dengan cat berwarna-warni, seperti hijau, merah, dan biru. "Warna-warna ini adalah simbol alam," tambah Natsir.

Di sepanjang jalan lorong tersebut, saluran air atau drainase terlihat bersih. Walaupun drainase tersebut terbilang sempit, tetapi aliran airnya cukup lancar. Tidak ada kotoran atau sampah yang terlihat saat Fajar melakukan pemantuan.

Di sisi kiri dan kanan lorong digantung pot-pot yang ditumbuhi bebungaan. Posisinya berjejer dan dihiasi dengan pita panjang aneka warna. Di ujung lorong akan ditemukan sebuah bank sampah yang tampaknya baru saja dicat.

Ketua RW IV Kelurahan Melayu, Yusuf, mengaku berterimakasih kepada warganya yang memiliki kesadaran untuk membersihkan dan menata lingkungan. Ia pun bersama dengan kader lingkungan lainnya tidak memaksakan kepada warga terkait dengan pengecatan pagar dan tembok lorong. (ridwan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar