Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 09 Juli 2010

Punya Taman Baca dan Kolam Ikan

KELURAHAN Maricaya Baru, Rukun Warga (RW) VI berusaha mengoptimalkan pengelolaan wilayah agar masuk menjadi salah satu juara Makassar Green and Clean (MGC) 2010. Infrastruktur pendukung ke arah sana mulai dibenahi. Upaya yang ditempuh di antaranya pembuatan taman mini hijau, pengecatan lorong, dan pembersihan wilayah, serta beberapa upaya lainnya.

Seperti terlihat Selasa, 15 Juni, kebersihan dan peghijauan sudah mulai digalakkan di tempat ini. Khusus di Rukun Tetangga (RT) 002, pembenahan wilayahnya relatif sudah lebih maju. Lorong yang membelah antara Jalan Kijang dan Jalan Gunung Batu Putih sudah tampak semarak.

Jika memasuki lorong dari arah Jalan Kijang, tepat di sebelah kanan pintu gerbang, akan dijumpai sebuah taman baca yang juga berfungsi sebagai balai peristirahatan warga RT 002. Di sebelah utara balai, terdapat sebuah bank sampah. Bank sampah adalah wadah penyimpanan sampah terpilah. Wadah itu terpisah oleh sekatan. Di setiap sekat terdapat tulisan sebagai arahan bagi warga yang akan membuang sampah di situ. Misalnya ada sekat khusus untuk sampah kertas dan koran bekas, sampah aneka plastik, serta sampah botol dan gelas plastik dan kaleng bekas minuman.

Masih di sekitar gerbang, tepatnya di bagian utara, terdapat sebuah kolam ikan. Di sekeliling kolam ikan tersebut ditumbuhi dengan dengan aneka jenis bunga yang ditanam dalam berbagai jenis ukuran pot. Pot-pot tersebut diletakkan bersusun, mirip undakan. Di undakan terbawa, terdapat aneka bunga yang masih kecil di tanam dalam wadah gelas plastik.

Beberapa langkah ke dalam lorong, dijumpai aneka kembang yang digantung di dinding lorong. Dinding lorong tersebut telah dicat berwarna hijau. 20 meter dari gerbang di sebelah kiri terdapat taman rempah dan obat. Tumbuh berbagai jenis tanaman seperti, lengkuas, jambu, daun gedi, jeruk purut, tapak tutuk, Sambiloto, daun, pandan, serai, miana, dan aneka tanaman lainnya. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar