Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 28 Mei 2010

ThinkPad X200, Laptop Tahan Banting dan Air

MAKASSAR--Satu lagi terobosan teknologi mutakhir diluncurkan oleh Lenovo. Kali ini Lenovo melalui ThinkPad-nya meluncurkan laptop seri X200. Laptop ini diklaim sebagai produk teranyar dari Lenovo.

Lenovo menyebutnya sebagai teknologi ThinkVantage. Yaitu teknologi terbaru yang dimiliki oleh laptop untuk melakukan recovery sistem apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada laptop, misalnya terserang virus atau terjadi hang tiba-tiba. Dengan teknologi ini, semua sistem dan data akan terlindungi dengan sempurna.

Laptop ini memang memiliki tombol ThinkVantage di bagian ujung atas keybord. Menurut Kuncoro, penjaga stand ThinkPad Exclusive Store, Karebosi Link, dengan adanya teknologi tersebut, laptop tidak harus diinstalasi ulang jika terserang virus. "Jika ada kerusakan sistem, ThinkVantage akan mengembalikan sistem ke posisi awal, selama sistem operasi masih original," ujar dia, Selasa, 25 Mei.

Ada tiga opsi yang akan muncul ketika sistem akan direcovery. Di antaranya, mengembalikan seluruh sistem menjadi sistem awal atau setting-an pabrik. Atau mengembalikan sistem operasi Windows dan program aplikasinya yang telah di-back up. Atau pun mengembalikan seluruh isi hard disk, termasuk yang sudah di-back up.

Laptop ini juga dijagokan oleh Lenovo karena tahan banting. Sistem tidak akan terganggu jika hanya terjadi guncangan ataupun benturan yang tidak begitu parah. Malah, Lenovo berani menggaransi varian selama setahun. Termasuk garansi berlaku jika terjatuh. "Andai terjatuh dan mengalami kerusakan, maka kami akan ganti. Garansi juga diberlakukan meskipun laptop rusak karena terjatuh," imbuh Kuncoro.

Selain itu, ThinkPad X200 juga diklaim anti air. Berdasarkan simulasi yang diberikan kuncoro, laptop ini tetap beroperasi walau sudah tertumpahi air. ThinkPad X200 termasuk tipe laptop yang enteng. Berat sekira 1,5 kg, dan monitor 12 inchi. Sudah menggunakan prosesor Core 2 Duo P8700. "Pokoknya seri 8.000-an, itu yang terbaru saat ini," tandasnya.

ThinkPad X200 juga dilengkapi dengan tombol trackpoint di tengah-tengah keyboard. Sejenis trackball jika handphone. Tombol ini berfungsi sebagai tombol navigator kursor. Bedanya dengan tombol touchpad seperti yang ada pada laptop-laptop konvensional, yaitu bisa berfungsi sama baiknya ketika tangan basah dan kotor.

Untuk baterai, ThinkPad X200 menggunakan 6-cell Li-ion, yang mampu bertahan antara empat hingga lima jam saat operasi. Laptop ini ditawarkan dengan harga Rp 12,5 juta. Cuma, laptop ini tidak dilengkapi dengan DVD internal. Tetapi DVD eksternal akan diberikan gratis jika membeli produk ini. Hanya saja saat ini, untuk mendapatkan laptop ini, pembeli harus memesan atau inden terlebih dulu karena tidak dijual secara lansung. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar