Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 28 Mei 2010

Komunikasi Unhas Cetak Fotografer Muda

Yus/Fajar

MAKASSAR--Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi Unhas menggelar pameran fotografi keliling, Rabu, 19 Mei. Pameran tersebut di lakukan dengan cara berkeliling mengitari Kampus Unhas.

Sekira 70-an mahasiswa ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Mahasiswa tersebut sedang mengikuti final test salah satu mata kuliah di jurusan Komunikasi, yaitu fotografi.

Menurut dosen pembimbing mahasiswa, Alem Febri Sonni, kegiatan pameran sambil mengelilingi kampus merupakan terobosan baru. Sebelumnya, tugas final mahasiswa pada mata kuliah fotografi hanya menggelar pameran foto dengan cara dipajang. Tetapi kali ini berbeda. Setiap mahasiswa diwajibkan mengantungkan dua foto di badannya kemudian berjalan mengelilingi kampus.

"Memamerkan foto sambil jalan dengan menggantung foto di badan baru kali dilaksanakan. Biasanya hanya pameran biasa. Ini bertujuan agar pemilik foto bisa lebih berinteraksi dengan orang yang melihat fotonya. Jadi orang bisa langsung bertanya kepada fotografernya," ungkap Alem.

Selain itu, kata Alem, kegiatan ini juga bertujuan untuk menciptakan fotografer-fotografer baru. "Mereka diharapkan menjadi bibit-bibit baru penerus fotografi di Makassar," imbuh dia.

Fungsi lain dari pameran foto keliling ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri para mahasiswa. Dengan memamerkan fotonya, akan timbul konfidensi bahwa foto mereka layak dilihat oleh masyarakat. Juga untuk memberi kesadaran kepada mahasiswa bahwa karya foto adalah milik pribadi. Tidak boleh diambil sembarangan oleh orang lain tanpa izin.

Menurut Alem, ada beberapa kriteria yang digunakan untuk menilai karya fotografi. Di antaranya, teknik dasar pengambilan gambar, komposisi, dan pesan yang terkandung di dalamnya. Khusus untuk pesan dalam foto, sangat erat terkait dengan proses sampainya kandungan pesan kepada orang yang melihat foto.

Salah seorang mahasiswa, Ifah, mengambil foto di Pantai Losari dan dermaga di depan Benteng Rotterdam menuju Pulau Kayangan. Fotonya ia beri judul "Senja Kala itu" dan "Beautiful Light of Losari". Menurutnya, foto tersebut diambilnya untuk menampilkan keindahan Pantai Losari di malam hari. Juga menampilkan indahnya dermaga menuju Pulau Kayangan saat sunset. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar