Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 28 Mei 2010

Calon Mahasiswa IPDN Jalani Psikotes

Adi/Fajar

MAKASSAR--Para calon mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menjalani tes psikologi atau psikotes di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Makassar, Kamis, 20 Mei.

Psikotes diikuti oleh 200-an calon mahasiswa dari yang berasal dari 24 kabupaten/kota se-Provinsi Sulsel. Sesuai jadwal, psikotes ini akan digelar selama lima hari, yaitu 20-24 Mei. Hanya saja, panitia kemungkinan hanya akan menggelarnya selama empat hari saja.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Karier, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sulsel, Drs H Muhammad Yaqin Abady menjelaskan terbatasnya jumlah tim penguji. "Karena terbatasnya penguji, kemungkinan tes hanya dilaksanakan empat hari, mulai hari ini sampai Minggu," kata dia.

Menurut Yaqin, untuk psikotes ini, tim pengujinya hanya tujuh orang. Mereka berasal dari Dinas Psikologi Angkatan Darat, Bandung. Setiap penguji meng-handle satu ruangan. Tes berlangsung sejak pagi hingga siang hari. Lokasi tes terlihat dijaga oleh beberapa orang polisi dan pegawai BKD Sulsel.

Psikotes calon mahasiswa IPDN ini menggunakan tujuh ruangan. Setiap ruangan dibatasi hanya 32 peserta tes. Jumlah total pendaftar IPDN Sulsel mencapai 973 orang. Hanya saja, kata Yaqin, sekira 70 orang lainnya sudah mengundurkan diri.

Rencananya, setelah psikotes ini, para peserta selanjutnya akan mengikuti tes kesahatan dan tes kesamaptaan. Hanya saja, Yaqin belum memastikan jadwal pelaksanaan kedua jenis tersebut. "Saya belum tahu jadwalnya. Tetapi mungkin pimpinan sudah buat jadwal untuk itu," kata dia.

Setelah peserta dinyatakan lulus nanti, selanjutnya mereka akan menjalani tes tertulis pada 4 Agustus mendatang. Lalu dikirim di Jatinangor, Sumedang. Mereka masih akan menjalani tes lanjutan di sana. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar