Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Jumat, 28 Mei 2010

SMA Rajawali Sepi Pendaftar

*Hari Pertama Pendaftaran SRBI

MAKASSAR--Pendaftaran Rintisan SekolahBertaraf Internasional (RSBI) Sekolah Menengah Atas (SMA), resmi dibuka hari ini, Senin, 17 Mei. Sebanyak empat SMA yang ada di Makassar, serentak membuka pendaftaran. Lima sekolah tersebut adalah SMAN 1, SMAN 17, SMAN 15, dan SMA Rajawali.

Di SMAN 1 Makssar, sejak pagi kemarin, pendaftar mulai terlihat antre di loket pendaftaran. Kepala sekolah SMAN 1, Herman Hading, menjelaskan, sekolahnya hanya akan menerima quota terbatas pada kelas RSBI. Tahun ini, SMAN 1 hanya akan menerima 288 siswa. "Jadi kita hanya akan menerima 288 siswa, termasuk yang tinggal kelas. Kapasitas kita sembilan kelas," ungkap dia.

Herman mengaku tidak membatasi jumlah pendaftar. Hal itu menurutnya, untuk menampung animo masyarakat yang ingin mendaftarkan anaknya di sekolah yang dipimpinnya itu. Menurutnya, hasil seleksilah nanti yang akan menentukan siswa yang berhak lulus.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar pada SRBI SMAN 1. Di antaranya, nilai rata-rata rapor harus 7,5 untuk lima mata pelajaran dari kelas satu sampai tiga atau dari semester I sampai VI. Mata pelajaran tersebut, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Selain itu, melampirkan surat keterangan telah mengikuti ujian nasional (UN).

Herman menjamin, siswa yang lulus nantinya merupakan yang benar-benar memenuhi standar. "Siswa yang lulus RSBI murni karena nilai dan hasil seleksi. Tidak ada rekayasa dan itu diumumkan terbuka," tandas dia.

Menurut Herman, SMAN 1 sudah siap menjalankan kelas RSBI. Infrastruktur pendidikan sudah memadai. Termasuk sumber daya tenaga pendidiknya selalu ditingkatkan. Selain itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran juga sudah diterapkan. "Manajemen sekolah juga sudah memadai," imbuh dia.

Pendaftaran juga sudah dimulai di SMAN 17 Makassar. Tahun ini merupakan tahun ke lima pemberlakuan RSBI di sekolah ini. Sebanyak 204 siswa yang akan diterima. Hingga siang kemarin, pendaftar terlihat berdesak-desakan di depan Aula SMAN 17 yang dijadikan sebagai tempat pendaftaran.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 17, Bakri Talib, menjelaskan, sekolahnya akan menerima 204 siswa. Pemberlakuan RSBI di sekolah ini dimulai sejak 2006 lalu. "Kita memiliki enam kelas RSBI," kata dia.

Hal berbeda terlihat di SMA Rajawali. Hingga siang kemarin, belum satupun pendaftar yang mengambil formulir. Sekretaris panitia pendaftaran RSBI SMA Rajawali, Marlin, mengatakan sekolahnya akan menerima 62 siswa atau dua kelas RSBI. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar