Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Sabtu, 17 April 2010

Menelusuri Jejak Fort Vreedeburg te Makassar

DULU-KINI. Fort Vreedeburg te Makassar pada tahun 1921. Gambar kiri menunjukkan suasana di lokasi yang diduga bekas benteng tersebut pada Jumat, 16 April.


*Punya Terowongan Menuju Fort Rotterdam

FORT Vreedeburg te Makassar ikatan khusus dengan Aru Palakka. Benteng itu konon dihadiahkan Belanda kepada Raja Bone itu. Di mana jejaknya kini?

RIDWAN MARZUKI
Karebosi

TAK banyak yang tahu atau kenal nama Fort Vreedeburg te Makassar. Apalagi mengidentifikasinya sebagai salah satu benteng yang pernah ada di metropolitan ini.
Awalnya Fort Vreedeburg te Makassar ditinggali oleh pasukan Belanda. Tetapi karena Aru Pallaka bekerja sama dengan Belanda melawan Kerajaan Gowa, akhirnya benteng itu diserahkan kepada Raja Bone tersebut.

Staf teknis Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Makassar, Muhammad Natsir, membenarkan penyerahan benteng tersebut. Menurut dia, memang ada sumber yang menyebutkan bahwa Belanda memberi hadiah benteng kepada Aru Pallaka.
“Dan benteng yang dimaksud adalah Fort Vreedeburg te Makassar,” ungkap Natsir, Jumat, 16 April.

Lebih jauh, menurut Natsir, tempat berdirinya Fort Vreedeburg te Makassar berada di sekitar Lapangan Karebosi. Posisi tepatnya berada di sebelah timur Karebosi.

Natsir lalu menunjuk bangunan kantor Bank BNI sebagai lokasi bekas benteng. "Tetapi kita belum punya data ril penggalian tentang itu," imbuh Natsir.
Menurut cerita yang berkembang, Fort Vreedeburg te Makassar berhubungan langsung dengan Fort Rotterdam. Konon, kedua benteng ini dihubungkan sebuah terowongan. "Ya, ada ruang bawah tanah yang menghubungkan antara Fort Rotterdam dengan Fort Vreedeburg te Makassar," tambah Natsir.

Namun, lanjut Natsir, informasi tersebut juga belum memiliki data akurat. Informasi tersebut hanya berlanjut dari mulut ke mulut, dari generasi ke generasi.
Tetapi asumsi ini sebetulnya bisa mendapat pembenaran jika melihat konstruksi Fort Roterdam. Di mana, di bagian timur benteng terdapat sebuah pintu gerbang yang kini sudah tertutup. Pintu gerbang ini sering juga disebut pintu belakang. Dulunya berfungsi sebagai pintu utama, tetapi selanjutnya posisi pintu utama dipindahkan ke bagian barat.

Dari pintu belakang inilah yang diyakini sebagai pintu menuju terowongan yang menghubungkannya dengan Fort Vreedeburg te Makassar. Tepat di bagian belakang pintu itu kini terdapat rumah warga. Untuk sampai ke pintu, kita harus menyusuri lorong yang mengikuti format huruf "S". Di samping kiri pintu, terdapat tangga undakan menuju ke bagian atas benteng. Ada 20 undakan.

Terkait arsitektur Fort Vreedeburg te Makassar, Natsir menilai jika konstruksinya tak jauh beda dengan Fort Roterdam. "Bisa jadi mengikuti bentuk Fort Rotterdam yang dipadu dengan bentuk kerajaan," terang dia.

Fungsi Fort Vreedeburg te Makassar untuk melindungi Belanda dari serangan Kerajaan Gowa. "Belanda mau kuat, maka ditaruhlah orang-orang Aru Palakka di sekitar benteng," terang Natsir.

Nasir menjelaskan, untuk menentukan lokasi suatu cagar budaya harus dilakukan penelitian dan studi arkeologis sebelumnya. Selanjutnya dilakukan ekskavasi atau penggalian setelah objek arkeologis telah ditentukan.

Kesulitan yang dihadapi untuk menemukan sisa-sisa Fort Vreedeburg te Makassar karena sudah tertimbun tanah. Oleh karena itu, satu-satunya jalan adalah ekskavasi yang serius. (*)

1 komentar: