Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Rabu, 24 Maret 2010

Catatan dari Hari Ketiga UN SMA











NURHADI/FAJAR

TERAKHIR. Pelaksanaan ujian di salah satu ruangan di SMA Negeri 1 Makassar, Rabu, 24 Maret.


Masih Ada Kekurangan Lembaran Naskah Ujian


BERMODAL persiapan setahun, para kepala optimis kelulusan capai seratus persen.

LAPORAN RIDWAN MARZUKI
Makassar

TIDAK terasa, pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat sekolah menengah atas (SMA) berada di hari ketiga, Rabu, 24 Maret. Memamg, masih ada dua hari. Namun, tidak sedikit yang merasa was-was menunggu hasil ujian.

Bukan hanya peserta ujian. Kepala sekolah pun ikut was-was. Meski sebagian besar kepala sekolah tetap optimis mampu meluluskan seratus persen siswanya.

Semisal Kepala SMA Negeri 2 Makassar, Drs Abdul Wahab. Dia yakin, peserta ujian di sekolah ini lulus seratus persen. Maklum, tahun lalu, dari 200-an siswa SMA Negeri 2 yang ikut ujian nasional, hanya satu yang tidak lulus.

"Hasil try out, kita targetkan seratus persen lulus. Kita optimis nilainya rata-rata tujuh," kata Wahab, Rabu, 24 Maret.

Hanya saja, proses pelaksanaan ujian nasional di hari ketiga sempat menemui hambatan. Adanya lembaran naskah ujian yang tidak lengkap alias kurang. Di mana mata ujian Matematika IPA Paket 55 tidak memiliki halaman delapan. Walhasil, panitia harus memutar otak guna menanggulangi hal tersebut.

"Soal yang lengkap difotokopi untuk mengatasi kurangnya jumlah soal," beber Wahab. Proses fotokopi itupun disaksikan pengawas dan pemantau ujian nasional di SMA Negeri 2.

Tahun ini sebanyak 277 siswa SMA Negeri 2 ikut ujian. Dua diantaranya tidak hadir karena sedang mengikuti program pertukaran pelajar di Amerika Serikat.

Sementara pelaksanaan UN di MAN 2 Model juga berjalan lancar. Pihak sekolah juga optimis siswanya akan lulus 100 persen. Persiapan sebelum UN sudah cukup maksimal.

"Sejak November tahun lalu kami beri bimbingan hingga Maret tahun ini. Kami juga adakan tiga kali try out," terang guru MAN 2 Model, Drs Baharuddin.

Tahun ini peserta ujian nasional di MAN 2 Model mencapai 476 siswa. Para peserta terbagi di 24 ruangan. Tahun lalu, sebanyak 62 siswa sekolah ini tidak lulus.

Terpisah, Kepala SMA Negeri 11, Drs Aminuddin Mustafa, juga optimis dengan kelulusan siswanya. "Persiapan kami untuk menghadapi ujian hampir setahun," kata dia.

Peserta ujian nasional di SMA Negeri 11 tahun ini berjumlah 373 siswa. Tahun lalu, ada 24 siswa tidak lulus dari 360 peserta ujian nasional. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar