Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Selasa, 01 Juni 2010

Motivator Luncurkan Website

NURHADI/FAJAR
MAKIN BERSIH. Kartini, warga RT A dan RT B Lorong 20, Kelurahan La'latang, Tallo, sementara menyapu di lokasi peserta MGC 2010, Selasa, 1 Juni.




MAKASSAR -- Tim motivator Makassar Green and Clean (MGC) 2010 akhirnya memfinalisasi peserta yang masuk 100 besar rukun warga (RW) terbaik. 100 RW tersebut merupakan hasil seleksi terhadap 272 RW kategori wilayah berkembang di Kota Makassar. Kecamatan Tallo tercatat paling banyak memasukkan kelurahannya dalam 100 besar RW terbaik tersebut.

Dari 15 kelurahan yang berada di Kecamatan Tallo, 12 kelurahan di antaranya berhasil meloloskan RW-nya masuk dalam peringkat 100 terbaik. "Setelah Tim Motivator MGC 2010 melakukan penilaian, dan setelah kami breefing, akhirnya kita tetapkan 100 RW terbaik. Kecamatan Tallo paling banyak meloloskan RW-nya karena mereka yang paling aktif membenahi lingkungan," ujar Motivator MGC 2010, Ikrom, Selasa, 1 Juni.

Bahkan Kelurahan Rappojawa, salah satu kelurahan di Kecamatan Tallo, berhasil meloloskan tiga RW sekaligus, yaitu RW I, II, dan III. Hanya tiga kelurahannya yang tidak memiliki wakil dalam 100 besar RW terbaik. Kelurahan itu antara lain Kelurahan Tallo, Bungaeja Beru, dan Lakkang. Hanya saja Lakkang masih akan dinilai secara khusus karena masuk kategori kepulauan.

Kecamatan Wajo juga berhasil memasukkan delapan dari sembilan kelurahannya. Yaitu Kelurahan Butung, Pattunuang, Ende, Mallimongan, Mallimongan Tua, Mampu, Melayu, dan Melayu Baru. Beberapa kecamatan hanya mampu meloloskan sedikit kelurahannya. Seperti Kecamatan Bontoala, dari 12 Kelurahan, hanya meloloskan dua kelurahan, yaitu Timungan Lompoa dan Gaddong.

Demikian halnya Kecamatan Tamalanrea, hanya meloloskan dua kelurahan yaitu Kelurahan Tamalanrea dan Tamalanrea Jaya. Kecamatan Ujung Pandang meloloskan empat kelurahan, yaitu Baru, Mangkura, Bulo Gading, dan Lajangiru. Kecamatan Mariso juga empat kelurahan, yaitu Lette, Mario, Mattoanging, dan Tamarunang.

Selanjutnya Kecamatan Manggala meloloskan tujuh kelurahan, Tamalate juga tujuh, Biringkanaya lima, Rappocini delapan, Mamajang delapan, Makassar dan Panakkukang masing-masing sembilan kelurahan. Untuk informasi detail mengenai urutan RW terbaik, bisa diakses di situs resmi MGC 2010 di http://www.makassargreenandclean.co.cc via internet.

Project Officer MGC 2010, Saharuddin Ridwan, menjelaskan, dengan selesainya proses penjurian untuk 100 besar, kini tim MGC akan melakukan lagi seleksi untuk 50 besar RW terbaik. "Kita tetap akan turun menilai kondisi lingkungan dari 100 RW tersebut. Penilaiannya terkait dengan pemilahan, pengelolaan, dan daur ulang sampah. Termasuk kondisi drainase danm administrasi lingkungannya," ujar dia.

Saharuddin mengimbau wilayah yang tidak masuk 100 besar agar tetap melanjutkan program pembenahan lingkungan. Hal itu juga karena tahun ini Pemerintah Kota Makassar memprogramkan membentuk satu lingkungan binaan setiap kelurahan.

Hal sama diungkapkan Kabid Pengembangan Kapasitas Kebersihan Dinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Makassar, Andi Iskandar. Menurut dia, masyarakat jangan melihat lomba, tetapi spirit dalam memperbaiki lingkungan. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar