Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Minggu, 16 Mei 2010

Rumah Makan Ujung Pandang


*Bisa Dipakai Untuk Meeting dan Karaoke

Rumah makan kini tak hanya berfungsi tunggal sebagai tempat makan saja. Sekarang sudah ada fungsi lainnya. Fasilitasnya juga kian variatif.

RIDWAN MARZUKI
Jalan Irian

Awalnya hanya menggunakan satu ruko sebagai rumah makan. Dimulai sejak tahun 1979, rumah makan itu dibuka. Artinya sudah 31 tahun umur rumah makan itu. Rumah makan yang dimaksud adalah Rumah Makan (RM) Ujung Pandang. Terletak di jalan Irian, persis behadapan dengan Jalan Bali. Pemiliknya bernama Rudy.

    Rudi menuturkan, saat ini RM Ujung Pandang telah memiliki beberapa cabang di kota lain di Indonesia, seperti Jakarta dan Tangerang. Dan RM Ujung Pandang sendiri untuk Makassar kini sedang mengembangkan diri. Di antaranya dengan menambah kapasitas ruangan dalam bentuk perluasan gedung.

    Kini RM Ujung Pandang telah menempati gedung baru. Tetapi bukan berarti pindah gedung, hanya melakukan perluasan dan penambahan beberapa ruangan. Baru-baru ini RM Ujung Pandang telah membangun gedung baru di sebelah selatan gedung lama. Tetapi tidak dipisah, melainkan digabung.

    Ada beberapa perubahan mendasar pascarenovasi bangunannya. Selain ruang yang semakin luas, kini tidak hanya lantai satu yang dipakai. Sekarang di lantai dua RM Ujung Pandang terdapat beberapa ruangan baru yang dikhususkan untuk tamu very important person (VIP). Ruangan tersebut bisa dipakai untuk meeting, seminar, dan diskusi.

    Di lantai dua tersebut terdapat tiga ruangan VIP tambah satu ruangan main hall. Setiap ruangan memiliki kapasitas yang berbeda. VIP I berkapasitas 20 orang dan VIP II berkapasitas 40 orang. Lalu VIP III berkapasitas sekira 60 orang. Dan terakhir, main hall berkapasitas 100 orang. "Selain fasilitas meeting, seminar, dan karaoke, juga bisa dipakai untuk live music," ungkap Rudy, Jumat, 14 Mei.

    RM Ujung Pandang mengedirkan aneka menu spesial buat pengunjungnya. Beberapa menu andalannya antara lain, kepiting lada hitam, Sop Tom Yam, ayam panggang, dan aneka menu ikan segar.

    Kepiting lada hitam merupakan masakan spesial dari udang. Bumbunya terbuat dari campuran lada hitam atau black pepper ditambah beberapa bumbu pelengkap lainnya. Kepiting tersebut digoreng lalu ditumis dengan campuran black pepper tadi. Rudy sendiri mengaku jika kepiting merupakan kepiting yang
berkualitas. Kepiting tersebut dipasok dari beberapa daerah, seperti Bone, Palopo, Palu, dan Timika.

    Lalu untuk masakan sop Tom Yam merupakan masakan dengan cita rasa asam pedas. Masakan ini biasa juga disebut sop siput. Masakan ini cocoknya disantap sebagai makanan pembuka. "Ada juga aneka ikan segar yang bisa dipilih sendiri oleh pelanggan," imbuh Rudy.

    RM Ujung Pandang juga memiliki wadah khusus bagi pembeli yang ingin membungkus untuk dibawa ke tempat jauh. Meduim tersebut menyerupai termos yang mampu menjaga keawetan makanan selama sehari. "Jadi jika ada yang ingin membungkus, lalu dibawa ke Jakarta, cukup menggunakan pembungkus itu," ujar Rudy.

    RM Ujung Pandang juga melayani berbagai pesanan catering dan prasmanan. Semua menu, lanjut Rudy, bisa dinikmati dengan harga yang terjangkau.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar