Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Minggu, 16 Mei 2010

Fasilitator Adalah Pahlawan Lingkungan

ADI/FAJAR
PESERTA. Para perwakilan peserta MGC 2010 saat mengikuti workshop di Balaikota, Selasa, 11 Mei.





MAKASSAR -- Wakil Wali Kota Makassar, Supomo Guntur, resmi membuka pelatihan bagi para fasilitator lingkungan Makassar Green and Clean (MGC) 2010 se-Kota Makassar, Selasa, 11 Mei. Workshop ini akan dilaksankan hingga Rabu, 13 Mei.

    Para peserta pelatihan atau workshop tersebut berasal dari berbagai kelurahan. Kepada peserta workshop, Supomo memberi apresiasi. Menurut Supomo, para fasilitator adalah pahlawan lingkungan. Kegiatan lomba lingkungan yang dikemas dalam MGC 2010, lanjut dia, merupakan even strategis dalam mengembangkan lingkungan yang bersih dan sehat.

    Program MGC 2010, imbuh Supomo, akan memberi manfaat besar bagi warga Kota Makassar. Sejak dimulai tahun 2008 lalu, program ini sudah mulai membuahkan hasil. Olehnya itu, Supomo menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh warga Kota Makassar yang telah mendukung demi lancarnya program ini. "Tanpa kesediaan masyarakat mengorbankan diri baik materi maupun tenaga, tidak ada hasil yang bisa dicapai," kata Supomo.

    Supomo juga meminta kepada seluruh warga agar mengawasi aparat pemerintahan. Warga diminta melapor jika terdapat oknum aparat yang tidak terlibat dalam program MGC 2010 ini. Menurut Supomo, aparat pemerintah seharusnya menjadi pionir atau pelopor di tengah masyarakat. "Apabila ada aparat pemerintah yang tidak masuk dalam program ini, tolong laporkan kepada saya," tegas dia.

    Supomo juga menyoroti keberaadaan bengkel di sepanjang Jalan Veteran. Menurut dia, beberapa bengkel terkesan tidak memperhatikan kebersihan di wilayah itu. Makanya, ia menginstruksikan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kota Makassar, Kusaiyyeng, agar meninjau kembali analisis mengenai dampak lingkungan keberadaan bengkel-bengkel tersebut.

    Sementara itu, Project Officer MGC 2010 dari Yayasan Peduli Negeri, Saharuddin Ridwan, dalam sambutannya, menjelaskan, kegiatan workshop merupakan rangkaian program MGC 2010. Menurut Saharuddin, antusiasme warga kota cukup tinggi. Itu terbukti dari jumlah pendaftar yang melewati target. Tim MGC 2010 menargetkan 300 rukun warga (RW), tetapi yang mendaftar mencapai 320 RW.

    Pimpinan Unilever area Makassar, Bambang Wismanahadi, mengatakan, MGC 2010 ini merupakan rangkaian MGC yang dimulai sejak 2008 lalu. Melalui program ini, kata dia, warga Kota Makassar akan mendapatkan manfaat. Peserta yang ikut dalam workshop nantinya akan melakukan kaderisasi pengelolaan lingkungan dan penanganan sampah di daerahnya masing-masing.

    Panitia membagi workshop dalam tiga sesi. Untuk hari pertama, pesertanya diikuti oleh fasilitator dari Kecamatan Bontoala, Manggala, Tamalanrea, Ujung Tanah, dan Mamajang. Hari kedua, Kecamatan Tallo, Panakkukang, Wajo, dan Biringkanaya. Dan pada hari ketiga, diikuti oleh kecamatan yang tidak ikut pada hari pertama dan kedua. Khusus untuk hari kedua, workshop akan digelar di Fajar Graha Pena. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar