Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Minggu, 16 Mei 2010

Green and Clean Makassar Terbaik di Indonesia



MAKASSAR--Workshop Makassar Green and Clean (MGC) 2010 memasuki hari kedua, Rabu, 12 Mei. Beda dengan angkatan pertama, workshop angkatan kedua ini digelar di Fajar Graha Pena. Rencananya, hari ini workshop angkatan ketiga akan dilaksanakan di Kantor Walikota Makassar.

    Workshop angkatan kedua diikuti oleh fasilitator dari berbagai rukun warga (RW) yang berasal dari sekira 50-an kelurahan se-Kota Makassar. Terdiri atas empat kecamatan, yaitu Kecamatan Tallo, Panakkukang, Wajo, dan Biringkanaya.

    Workshop angkatan kedua dibuka oleh Area Sales Manager Unilever Makassar, Bambang Wismanahadi. Juga dihadiri oleh Wakil Direktur Bidang Pemasaran Harian Fajar, Abdul Haliq, ketua Yayasan Peduli Negeri sekaligus project officer MGC 2010, Saharuddin Ridwan, dan beberapa staf pemerintah Kota Makassar.

    Menurut Bambang, program MGC merupakan konsep lingkungan yang berkelanjutan. Tahun ini merupakan yang ketiga sejak dimulai 2008 lalu. Selama tiga tahun tersebut, kata dia, MGC mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal inilah yang membedakan dengan program green and clean di kota-kota lain di Indonesia. "Perkembangan program ini paling bagus di Makassar. Progres Makassar paling bagus di antara kota-kota lainnya di Indonesia," ungkap Bambang, Rabu, 12 Mei.

    Yang membedakan MGC sebelumnya dengan sekarang, lanjut Bambang, adalah cakupan wilayah program ini. Setiap tahun mengalami peningkatan. "Sekarang wilayahnya semakin luas.  Kalau dulunya hanya diikuti oleh beberapa RW dan kelurahan, sekarang sudah lebih massif. Dan target kita adalah pengembangan lingkungan hijau dan pengelolaan limbah atau sampah," kata dia.

    Selain itu, imbuh Bambang, workshop memberi penguatan kapasitas kepada para fasilitator. Mereka yang nantinya diharapkan menjadi penggerak bagi warga di likngkungannya agar melaksanakan program pengelolaan lingkungan dan sampah secara terpadu. "Peran serta masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang hijau dan bersih harus terus diupayakan," ujarnya.

    Workshop sebagai rangkaian MGC 2010 ini menghadirkan pembicara dari Makassar, Jakarta, dan Surabaya. Penanggung jawab atau motivator workshop untuk area Makassar dari Yayasan Unilever Indonesia, Fira Hartanti, mengungkapkan workshop merupakan pembekalan kepada para fasilitator. "Karena mereka adalah fasilitator baru, makanya diberi workshop atau pelatihan sebelum berkompetisi. Mereka nanti yang akan membentuk kader lingkungan dan mengubah paradigma masyarakat," kata dia.

    Workshop angkatan ketiga atau terakhir hari ini akan diikuti oleh fasilitator dari Kecamatan Tamalate, Panakkukang, Mariso, Ujung Pandang, dan Rappocini. (zuk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar