Postingan Populer

KUMPULAN TULISAN

Selasa, 06 April 2010

Setahun, Tujuh Juta Liter Darah




















Dok/FAJAR

BANTU SESAMA. Aksi donor darah yang digelar karyawan Trans Studio. Donor darah seperti ini sangat membantu persediaan stok darah di PMI Cabang Makassar.


OLEH RIDWAN MARZUKI

WARGA Makassar yang di kisaran 1,5 juta jiwa ternyata masih minim yang menjadi pendonor darah tetap atau sukarela bagi Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Makassar.

Persentasenya bahkan sangat kecil. Tidak sampai dua persen. Catatan PMI menunjukkan, hanya ada 25.601 pendonor darah tetap dan sukarela di metropolitan ini.

Dari jumlah tersebut, PMI hanya bisa mengumpulkan maksimal 28.549 kantong darah per tahun. Lebih dari tujuh juta liter darah. Lengkapnya, 7.137.250 liter darah. Angka ini hasil capaian pada tahun lalu.

Kepala Bagian Administrasi PMI Cabang Makassar, Amiruddin K Mide, menjelaskan, para pendonor berasal dari berbagai kalangan. Ada polisi, tentara, pegawai negeri sipil, hingga pelajar.

“Pendonor dari kalangan PNS/BUMN terbanyak. Jumlahnya 7.856 orang. Disusul tentara dan polisi yang 7.479 orang,” ujar Amiruddin K Mide, Selasa, 6 April.
Sementara jumlah pendonor mahasiswa dan pelajar ada 5.314 orang. Sedang kalangan wiraswasta mencapai 1.642 orang.

Pendonor tersebut berasal dari seluruh golongan darah. Seperti golongan darah A, B, O, dan AB. Dari keempat golongan darah tersebut, golongan darah O yang paling banyak.
Sebaliknya golongan darah AB yang paling minim. Hal itu dijelaskan oleh Amiruddin di Markas PMI Cabang Makssar. "Orang yang memiliki golongan darah AB jauh lebih kecil jumlahnya dibandingkan golongan darah yang lain," kata dia.

Walaupun golongan darah O terbanyak, lanjut Amiruddin, tetapi bukan berarti stok darah golongan ini selalu mencukupi. "Meskipun banyak golongan darah O, tetapi kadang kita (PMI, red) juga kekurangan," lanjut Amiruddin.

Penyaluran darah, kata Dokter Dominggus yang bertugas di PMI Cabang Makassar, digunakan untuk pasien yang benar-benar memerlukan darah. Seperti penyakit demam berdarah, pasien operasi, patah tulang, persalinan, dan korban kecelakaan lalu lintas.

Ketua PMI Cabang Makassar, Syamsu Rizal, menarget, jumlah pendonor akan meningkat 7,5 persen tahun 2011. "Tahun ini (2010, red) pendonor sukarela 87,5 persen," jelas dia. (*)

=========

Profil penyumbang

- Pendonor : 25.601 orang.
- PNS/BUMN : 7.856 orang.
- TNI/Polri : 7.479 orang.
- Mahasiswa-pelajar : 5.314 orang.
- Wiraswasta : 1.642 orang.
- Pedagang : 65 orang.
- Petani-buruh : 52 orang.
- Lainnya : 3.193 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar